Belajar Kode Program

Blog belajar menulis kode program dan aplikasi komputer

Rabu, 15 November 2017

Referensi Belajar Framework Laravel

Saat ini, boleh dikata bahwa framework laravel memiliki popularitas tertinggi dibanding dengan framework PHP lainnya. Hal ini tidak dapat dimungkiri karena memang faktor daya tariknya yang luar biasa. Salah satu daya tariknya adalah begitu banyak sumber belajar framework ini. Meskipun versioning dari framework ini agak menggemaskan, pengikut dan pendukungnya tetap saja bertahan. Saya katakan agak menggemaskan karena versi minor satu dengan yang lain pun kadang ada perubahan yang tidak memenuhi aspek backward compatibility.


Seperti sudah saya katakan sebelumnya, sumber belajar framework ini begitu banyak. Pada kesempatan ini, tim belakode akan memberikan daftar rujukan untuk belajar bagaimana menggunakan framework PHP Laravel ini.

1. Official Laravel

Website ini merupakan rujukan yang pertama dan utama untuk belajar framework Laravel. Pada website ini kita bisa mendapatkan petunjuk cara pemakaian framework dari A - Z, lengkap yang bisa kita akses di https://laravel.com/docs.

2. Laravel News

Di website ini kita bisa mendapatkan berita-berita terbaru mengenai framework Laravel. Tidak hanya itu, website ini juga menyediakan artikel-artikel tutorial terutama tentang fitur-fitur baru yang disematkan di Laravel versi terbaru. Koleksi tutorialnya bisa kita simak di sini https://laravel-news.com/category/laravel-tutorials.

3. Laracasts.com

Website ini menyediakan banyak video belajar mengenai framework Laravel dan bahasa pemrograman PHP tingkat mahir. Video yang disediakan ada yang gratis ada juga yang berbayar. Pengalaman menyimak video yang dipublikasikan oleh tim yang menggawangi website ini, kesan yang muncul adalah videonya mudah dipahami dan diikuti step by step-nya.

4. Laravel Weekly

Website ini menyediakan informasi terkini mengenai laravel. Termasuk juga jika ada tips dan trik yang menarik akan dipublikasikan juga oleh pengelola website.

5. Laravel Daily

Ada weekly (mingguan), biasanya ada juga daily (harian). Ya, Laravel Daily menyediakan artikel-artikel yang bergizi untuk bahan pengembangan kapasitas Anda sebagai programmer Laravel.

6. Cheatsheet oleh Jesse Obrien

Situs ini menyediakan informasi yang berisi cheat sheet framework PHP Laravel.

7. Builtwithlaravel

Website ini berisi koleksi aplikasi web yang dikembangkan dengan Laravel. Berbagai aplikasi siap pakai yang opensource ternyata bisa dengan mudah kita dapati di web ini.

8. Mattstauffer Blog

Blog ini berisi tentang artikel-artikel seputar laravel. Menariknya, ada artikel yang dibuat series.

9. Laravel-tricks

Website ini berisi artikel-artikel yang sifatnya memberi kita trik-trik dalam pemrograman menggunakan laravel.

10. The Laravel Podcast by Taylor Otwell

Web ini berisi podcast yang bertemakan laravel dan dibawakan langsung oleh pembuat laravel, Taylor Otwell

11. Laravelpodcast

Laravel podcast menyajikan berita dan diskusi tentang laravel dan PHP.

12.  Github Awesome-Laravel

Koleksi daftar bookmark, paket-paket ekstensi, tutorial, video dan resource lainnya dari komunitas ekosistem Laravel.


Selain web-web di atas, ternyata banyak juga web yang dibuat oleh para programmer Indonesia yang bertalenta. Berikut kami cantumkan beberapa website berbahasa Indonesia yang dapat kita rujuk untuk mempelajari laravel.

Baiklah, semoga dengan mempelajari beberapa di antara referensi-referensi di atas, kita semua bisa lebih memperdalam penguasaan terhadap framework Laravel. Selamat belajar!



2 komentar:

  1. Untuk Belajar framework laravel, sekarang mudah sekali banyak website dan community yang membahas tentang framework php satu ini. terima kasih dengan tuturial yang anda tulis di website anda ini. jadi semakin memeperkaya wawasan kami sebagai programmer php

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, betul sekali. Di web Anda juga banyak resource untuk belajar.. Izin berguru ya...

      Hapus