Belajar Kode Program

Blog belajar menulis kode program dan aplikasi komputer

Sabtu, 16 September 2017

Yii2 dengan Template Admin Gentelella

Salah satu fitur yang banyak dibuat menggunakan yii ternyata adalah dashboard. Jika demikian adanya, tentu dibutuhkan template jenis admin untuk mempercantik user interface-nya (UI). Dari sisi kepopuleran, ternyata template adminLTE merajai di kelas opensource. Kami sendiri menemukan banyak aplikasi yang dashboard-nya menggunakan template ini. Wajar saja karena memang template tersebut berkualitas.

Namun, ada template lain yang tidak kalah bagus dan sama-sama opensource, yakni Gentelella. Template ini menyediakan banyak sekali widget yang sangat cocok untuk UI bagi pengguna level administrator. Beruntung bagi para pengguna Yii, saat ini sudah tersedia ekstensi yang memudahkan kita menerapkan template gentelella. Namanya adalah 'Gentelella admin template for Yii2.' Mari kita praktikkan!

Pertama-tama, lakukan perintah dengan composer untuk menginstal ekstensi Gentelella admin:
composer require --prefer-dist yiister/yii2-gentelella "~1.0"

Setelah proses instal selesai, yang perlu kita lakukan adalah melakukan register aset gentelella admin pada file view layout aplikasi kita. File layout default adalah app/view/layouts/main.php.

Ekstensi ini juga sudah memberikan contoh-contoh penggunaannya pada file yiister\gentelella\views\layouts\main.php

Oleh karena itu, untuk menguji apakah template sudah bisa berjalan dengan baik, lakukan pengubahan sementara pada file konfigurasi (app/config/web.php) sebagai berikut:
$config = [
  //...
  'layout' => '@vendor/yiister/yii2-gentelella/views/layouts/main',
  //atau
  //'layout' => '@yiister/gentelella/views/layouts/main',
  //...
];
Hasilnya akan tampak seperti berikut:

Mari kita kembalikan configurasi pada settingan semula (tanpa modifikasi nilai 'layout'). Kita hanya cukup menyalin dan me-replace file view/layouts/main.php dengan file vendor/yiister/yii2-gentelella/views/layouts/main.php dan file views/site/error.php dengan file vendor/yiister/yii2-gentelella/views/error.php.

Hasilnya, kita sudah memiliki tampilan template admin gentelella!


Silakan Anda pelajari lebih lanjut di:

  • https://github.com/yiister/yii2-gentelella
  • http://gentelella.yiister.ru
  • https://github.com/puikinsh/gentelella

Tidak ada komentar:

Posting Komentar