Belajar Kode Program

Blog belajar menulis kode program dan aplikasi komputer

Sabtu, 26 Agustus 2017

Gampang Membuat Tabel di Blogspot

Bagi Anda yang sudah mahir mengutak-atik kode HTML, barangkali tidak pernah terbersit di pikiran mengenai pertanyaan bagaimana membuat tabel di blogspot. Alasannya sederhana, karena fitur mode HTML yang disediakan oleh blogspot bisa mengakomodir kode-kode HTML untuk menyusun sebuah tabel. Tetapi, jika Anda bukan jagoan HTML? Mungkin artikel ini cocok untuk Anda.

Yang pasti dibutuhkan adalah Ms Excel karena memang software ini bagus untuk membuat tabel dengan tampilan yang cukup bagus. Selanjutnya, ada beberapa alternatif menjadikannya kode HTML yang siap Anda tempel di laman entri postingan blogspot.

Alternatif Pertama

Pilihan pertamanya adalah menggunakan Ms Word. Dari software Excel silakan salin (copy) tabel dan tempel (paste) ke aplikasi Ms Word. Satu hal yang perlu Anda lakukan adalah melakukan sedikit pengaturan pada tabel tersebut. Blok pada bagian tabel, kemudian pilih menu Layout dan klik pada bagian Autofit Window. Perhatikan gambar di bawah ini.



Selanjutnya, pada Ms Word silakan lakukan save as dengan pilihan tipe file Web Page, Filtered (*.html, *.html).


Kemudian coba buka file yang Anda simpan tadi menggunakan aplikasi editor teks, misalnya Sublime Text. Pilih tag HTML yang merepresentasikan tabel yang Anda buat, diawali dengan tag <table> dan diakhiri dengan tag penutup </table>


Terakhir, lanjutkan dengan menempel (paste) ke entri blogspot mode HTML. Hasilnya, akan tampil seperti tabel di bawah ini:


Bulan

Tanggal

Publish

Judul

Desember 2016

19

1


Desember 2016

19

1


Desember 2016

19

1

Custom Domain dengan Blogspot

Desember 2016

24

Mengelola Domain dengan Afraid DNS

Januari 2017

7

1


Januari 2017

7

1

Composer Ternyata Mudah

Januari 2017

14

5 Konsep Minimal Memahami Yii Framework

Januari 2017

21

Memahami Routing pada Yii



Alternatif Kedua

Cara kedua, masih dengan menggunakan file excel tetapi dengan bantuan pihak ketika berupa konverter excel ke HTML secara online yang tersedia di Internet. Di antaranya adalah https://codebeautify.org/excel-to-html, http://tableizer.journalistopia.com/tableizer.php, dan lain-lain. Namun, sayangnya hasil konversinya akan menghilangkan pemformatan yang sudah kita buat pada tabel di excel. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba alternatif berikutnya, dengan macro yang disediakan oleh Excel.

Alternatif Ketiga

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, masalah konversi Excel secara online adalah hasilnya tidak sesuai format yang kita buat di file Excel. Jadi, alternatif ini adalah menggunakan file template dengan makro yang di-enable-kan. File tersebut dapat Anda dapatkan melalui link ini. Jadi, melalui template tersebut Anda silakan membuat tabel di Excel dan setelah selesai tekan tombol 'Publish' pada worksheet tersebut. Lebih lanjut, silakan pelajari di sumbernya, di sini: Convert Excel to HTML with Formatting.

Baik, sekian dari kami. Semoga bermanfaat untuk pengunjung Belakode. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar